Arti, Manfaat Dan Contoh Penggunaan Literasi Digital

Arti, Manfaat Dan Contoh Penggunaan Literasi Digital

0 Comments

Kemajuan teknologi memang memberikan banyak kemudahan. Namun, kemajuan ini juga perlu diimbangi dengan peningkatan literasi digital. Dengan memahami manfaat dan contoh penggunaan literasi digital, seseorang dapat menjadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi.

Baca Juga >>> Pengertian Public Speaking Menurut Para Ahli

Apa Itu Literasi Digital?

Literasi digital adalah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam memanfaatkan media digital secara bijak. Termasuk dalam penggunaan alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya. Karena itu, literasi digital memiliki empat prinsip dasar yang harus dipahami. 

Empat prinsip dasar tersebut adalah kemampuan memahami informasi implisit dan eksplisit, hubungan saling melengkapi antar media, faktor sosial antara pemberi dan penerima informasi, serta kemampuan untuk mengorganisasi informasi yang berguna. 

Manfaat Literasi Digital

Literasi digital dapat memberikan banyak manfaat pada masyarakat, di antaranya:

  1. Menambah wawasan
  2. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
  3. Menambah penguasaan kosa kata
  4. Meningkatkan kemampuan verbal
  5. Meningkatkan daya fokus dan konsentrasi
  6. Meningkatkan kemampuan membaca, merangkai kata, dan menulis informasi

Contoh Literasi Digital

Penerapan literasi digital bisa dilakukan di mana saja. Baik di rumah, sekolah, hingga kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi, contoh penerapannya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, literasi digital di rumah bisa dilakukan dalam bentuk mencari informasi atau tutorial dari internet, mendengarkan musik dari layanan streaming legal, atau mengerjakan tugas menggunakan koneksi internet.

Contoh literasi digital di sekolah bisa dilakukan dalam bentuk pembelajaran online, pencarian bahan ajar melalui internet, mengirim tugas melalui email, hingga komunikasi antara guru dan murid melalui media sosial.

Di lingkungan masyarakat, literasi digital bisa dijalankan dengan melakukan donasi melalui media internet, promosi melalui sosial media, rapat online pengurus RT, hingga memanfaatkan grup media sosial untuk menyebarkan informasi yang kredibel.

Pada dasarnya, hampir semua kegiatan yang dilakukan dengan media sosial atau internet bisa dikatakan sebagai literasi digital. Yang terpenting Anda memahami bahwa apa yang Anda temukan dan bagikan adalah informasi yang tepat dan bijak.

Banyaknya arus informasi dan adanya konten negatif menjadi tantangan bagi literasi digital. Karena itu, seseorang yang memahami manfaat dan contoh penggunaan literasi digital yang baik akan lebih mampu menghadapi tantangan tersebut.

Categories:

1 thought on “Arti, Manfaat Dan Contoh Penggunaan Literasi Digital”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *