Pengertian Lintas Budaya - KAMPUNG INGGRIS LA LA

Pengertian Lintas Budaya

0 Comments

Manusia tumbuh dan berkembang di lingkungan budaya tempat mereka dibesarkan. Budaya tempat kita hidup inilah yang membentuk cara berpikir dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang memiliki keyakinan bahwa budaya mereka yang paling baik, normal dan benar. 

Masalah terjadi saat orang dengan budaya berbeda di tempat kerja, bisnis atau lingkungan tempat tinggal berinteraksi. Inilah yang disebut perbedaan lintas budaya. Untuk mengatasi konflik, diperlukan pemahaman lintas budaya. Berikut ulasan lebih lanjut tentang pengertian lintas budaya.

Baca Juga >>> Inisiatif Dalam Bekerja

Apa itu Lintas Budaya?

Lintas budaya adalah istilah untuk menjelaskan sebuah keadaan dimana suatu budaya dihadapkan dengan budaya lainnya. Kedua budaya ini akan saling mempengaruhi dan membawa dampak.  Pengaruh yang dibawa budaya bisa baik, atau bisa juga pengaruh buruk.

Banyak peristiwa lintas budaya yang terjadi dalam aktivitas di masyarakat. Mulai dari tempat kerja dengan rekan kerja dari berbagai daerah yang berbeda, dalam binis antar daerah ataupun global, dan yang paling sering sering terjadi di bidang pariwisata.

Interaksi lintas budaya ini bisa membawa dampak baik, bisa juga menimbulkan konflik. Untuk menghindari konflik lintas budaya, akan lebih baik jika setiap orang yang terlibat memiliki pemahaman lintas budaya. 

Pemahaman Lintas Budaya

Pemahaman lintas budaya adalah pengetahuan tentang budaya lain, baik secara kognitif ataupun afektif. Pemahaman dalam hal ini adalah mengerti tentang pola pikir, tingkah laku dan bahasa dari budaya yang berbeda. Ini juga termasuk menerima perbedaan budaya sendiri dengan budaya lain.

Dengan pemahaman lintas budaya akan lebih memudahkan interaksi antara orang-orang yang bekerja sama dengan latar belakang budaya berbeda. Dengan pemahaman ini juga akan lebih memahami apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan di budaya lain.  

Ada banyak manfaat dari pemahaman lintas budaya dalam dunia kerja ataupun bisnis, seperti  memperat hubungan, meminimalis konflik, mempermudah dan memperlancar hubungan kerja. Adanya pemahaman menghilangkan prasangka dan steriotip yang jadi halangan komunikasi.

Penutup

Dengan adanya globalisasi, dunia semakin menyempit, interaksi antar budaya yang berbeda akan semakin sering terjadi. Pengertian lintas budaya di atas diharapkan dapat dijadikan gambaran tentang pentingnya pemahaman lintas budaya dalam dunia yang makin menglobal.

Categories:

1 thought on “Pengertian Lintas Budaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *