Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tujuan Komunikasi Lintas Budaya

Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tujuan Komunikasi Lintas Budaya

0 Comments

Konsep bhinneka tunggal ika yang dipilih para pendiri bangsa merupakan suatu bentuk nyata dari komunikasi lintas budaya. Sebenarnya apa tujuan komunikasi lintas budaya? Kenapa hal ini berdampak besar?

Anda wajib memahami tujuan dari diadakannya komunikasi lintas budaya. Manfaat yang bisa anda peroleh dari melakukan kegiatan tersebut nantinya bisa lebih maksimal bila dibandingkan dengan melakukan komunikasi lintas budaya tanpa mengetahui tujuan yang jelas. 

Baca Juga >>> Pengertian Lintas Budaya

1. Mendalami Budaya Yang Berbeda

Tujuan komunikasi lintas budaya yang pertama adalah untuk mendalami perbedaan dari setiap kebudayaan yang ada. Perbedaan letak wilayah, kondisi geografis dan iklim menjadi pengaruh utama kenapa setiap budaya memiliki karakteristik yang unik.

Dengan melakukan komunikasi lintas budaya Anda akan mengetahui keunggulan budaya lain, dibandingkan dengan budaya Anda sendiri. Sehingga, pemikiran mengenai budaya sendiri lebih baik dibandingkan dengan budaya lain, dapat digeserkan.

2. Mengatasi Masalah Sosial

Permasalahan yang terjadi pada beberapa suku, sering diakibatkan ketidak pahaman antara budaya satu dengan yang lain. Terlebih lagi, ditambah dengan berita hoax yang membuat kedua suku semakin memanas, pasti mempercepat terjadinya perpecahan.

Pentingnya mengetahui budaya lain akan membuat sudut pandang Anda mengenai suatu permasalahan semakin terbuka. Hambatan menuju persatuan yang utuh yang disebabkan karena hal kecil bisa diatasi dengan mudah.

3. Memperkaya Intelektual Dan Pengalaman

Tujuan lain diadakannya komunikasi lintas budaya adalah untuk memperkaya intelektual dan pengalaman Anda. Manfaat yang diperoleh secara pribadi ini, tidak bisa didapatkan orang lain tanpa melakukan komunikasi lintas budaya.

Pandangan hidup, prinsip dan berbagai hal dalam kehidupan bisa Anda ambil sisi lainnya. Sama seperti sudut pandang Anda mengenai suatu permasalahan. Makanya sangat dibutuhkan insan yang benar-benar mau mendalami budaya orang lain tanpa pamrih.

Hambatan terbesar yang sering dialami ketika melakukan komunikasi lintas budaya adalah masyarakat yang kurang terbuka. Akan tetapi, dengan melakukan interaksi sosial hambatan tersebut bisa diselesaikan dengan mudah.

Semoga dengan memahami tujuan komunikasi lintas budaya ini membuat Anda semakin mengerti peran penting Anda di masa depan. Terutama ketika diwajibkan melakukan komunikasi lintas budaya.

Categories:

1 thought on “Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tujuan Komunikasi Lintas Budaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *