Sarjana Ilmu Komunikasi? Ini Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

Sarjana Ilmu Komunikasi? Ini Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

0 Comments

Prospek kerja jurusan komunikasi sebenarnya banyak sekali. Mulai dari bekerja di perusahaan negeri, swasta, bahkan untuk bekerja secara mandiri. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa Anda pilih sebagai alumni jurusan komunikasi:

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Menjamin Masa Depan

1. Travel Blogger

Prospek kerja pertama yang bisa Anda pilih adalah pekerjaan sebagai travel blogger atau travel vlogger. Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bekerja sambil menekuni hobi jalan-jalan.

Sebagai travel blogger, Anda akan mengunjungi berbagai tempat di dalam negeri maupun luar negeri. Dari perjalanan tersebut, Anda bisa membuat liputan berupa tulisan atau video berisi ulasan mengenai tempat tersebut.

Gaji seorang travel blogger cukup variatif. Anda bisa mendapatkan gaji atau penghasilan dari promosi iklan atau membuat paket wisata berbayar. Tertarik menjadi travel blogger?

2. Presenter

Presenter televisi adalah salah satu prospek kerja ilmu komunikasi di perusahaan yang sangat menarik. Anda bisa bekerja di stasiun TV dan membawakan berbagai acara atau event. Bahkan, Anda juga bisa diundang menjadi pembicara pada suatu kegiatan.

Ada banyak orang yang menjadi terkenal karena profesinya sebagai presenter. Beberapa di antaranya adalah Najwa Shihab, Feni Rose, dan Andy F. Noya. Kalau Anda senang tampil di atas panggung atau membawakan acara, Anda bisa memilih profesi ini sebagai prospek kerja.

3. Public Relation

Public relation atau hubungan masyarakat adalah pekerjaan yang hampir selalu dibutuhkan. Baik di instansi pemerintahan ataupun di perusahaan swasta. Kalau Anda ingin mencari prospek kerja ilmu komunikasi di pemerintahan, pekerjaan sebagai Public Relation bisa menjadi pilihan.

Sebagai Public Relation, Anda bertanggung jawab untuk membawa citra perusahaan agar dikenal oleh masyarakat. Selain itu, Public Relation juga memiliki peran penting dalam penyelenggaraan event yang membutuhkan kerja sama dengan sponsor atau penyedia iklan.

Penutup

Selain tiga pekerjaan tersebut, tentu saja ada banyak prospek kerja jurusan komunikasi lainnya. Baik yang sesuai jurusan ataupun yang tidak sesuai jurusan. Untuk gaji lulusan komunikasi sebenarnya cukup relatif. Tergantung pekerjaan, lokasi, dan jabatan yang Anda pilih. 

Categories:

1 thought on “Sarjana Ilmu Komunikasi? Ini Prospek Kerja Jurusan Komunikasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *