Prospek Kerja Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Prospek Kerja Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

0 Comments

Memilih jurusan kuliah sastra terkadang memang sulit dan membingungkan, banyak mahasiswa yang pada akhirnya mengeluh salah memilih jurusan. Sebelum memilih jurusan hendaknya kamu mengetahui prospek kerja pendidikan bahasa dan sastra indonesia.

Baca Juga >>> universitas yang ada fakultas sejarah

Bagi kamu yang berminat di bidang pendidikan bisa mencoba jurusan bahasa dan sastra  Indonesia. Di jurusan ini bukan hanya menjadi seorang pengajar saja, mau tau apa saja prospek kerjanya. Berikut ini prospek kerja yang bisa kamu pilih:

1. Menjadi Tenaga Pengajar

Prospek kerja pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang paling utama yaitu menjadi seorang tenaga pengajar, baik dosen maupun guru. Untuk menjadi seorang dosen kamu perlu melanjutkan pendidikan minimal S2 atau magister.

Selain itu kamu bisa berkesempatan menjadi pendidik dan mengajar bahasa indonesia di luar negeri. Program ini dirancang oleh Badan Bahasa lewat program bahasa bagi penutur asing.

2. Leksikografer

Bagi kamu lulusan jurusan bahasa indonesia prospek kerja yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yaitu menjadi seorang leksikografer. Memang asing dengan istilah ini, jadi seorang leksikografer bertugas untuk menyusun kamus. 

3. Penulis Dan Sastrawan

Kemampuan menulis mahasiswa jurusan bahasa biasanya akan lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa jurusan lain. Lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra bisa menjadi seorang penulis dan juga sastrawan.

Mulai dari menulis essay, majalah, koran hingga novel dari tulisan itu akan lahir sebuah karya yang bisa dinikmati banyak orang. Bahkan profesi menjadi seorang penulis ini bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang banyak apabila ditekuni.

4. Editor atau Penyunting 

Editor atau penyunting sangat dibutuhkan sebelum sebuah buku disebarluaskan, atau diterbitkan. Sebelum terbit sebuah tulisan akan dicek oleh para editor sehingga hasil tulisan bisa lebih enak untuk dibaca.

Di Indonesia sendiri masih banyak buku yang akan diterbitkan oleh karena itu pekerjaan menjadi seorang editor masih sangat dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja pendidikan bahasa dan sastra indonesia, seperti penulis naskah film, pembicara atau motivator, bekerja di lembaga pemerintah dan masih banyak lagi.

Categories:

1 thought on “Prospek Kerja Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *