Peluang Kerja Dokter Gigi - Simak Penjelasan Lengkapnya

Peluang Kerja Dokter Gigi

0 Comments

Lulusan jurusan dokter Gigi sepertinya memiliki masa depan yang cerah. Selain memiliki peranan yang cukup penting di dunia medis, dokter gigi juga memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Dengan semua kemungkinan yang tersedia peluang kerja Dokter Gigi sangat menjanjikan. 

Baca Juga >>> Syarat Menjadi Dokter Gigi

Prospek Pekerjaan Dokter Gigi

Lulusan Kedokteran Gigi memiliki masa depan yang cerah, pekerjaan sebagai Dokter Gigi memiliki prospek yang cukup baik, berikut beberapa lapangan kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan kedokteran gigi.

1. Rumah Sakit/ Instansi pemerintah

Setelah mendapat gelar sebagai Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg) dan program profesi atau Koas, seorang Dokter Gigi bisa bekerja di Rumah Sakit atau Puskesmas.

Memang tidak mudah untuk bisa mengikuti program masuk pegawai negeri Selain persaingan ketat, juga banyak syarat dan ujian masuk yang sulit. 

2. Kedokteran Gigi Anak

Kedokteran gigi anak  bisa jadi salah satu pilihan karir yang dapat dimasuki. Perawatan gigi anak sangat penting dan posisi ini juga cukup jarang. Jadi kesempatan kerja di posisi ini cukup terbuka.

3. Lembaga Penelitian

Bagi yang menyukai eksperimen bekerja di lembaga penelitian bisa jadi pilihan yang tepat. Selain memiliki tantangan tersendiri, gaji dokter gigi yang ditawarkan juga menggiurkan. Memang ada banyak proses yang mesti dilalui untuk bisa bekerja di posisi ini.

4. Klinik Gigi Swasta

Prospek kerja lainnya yang dapat dilakukan oleh lulusan kedokteran gigi adalah bekerja di klinik gigi swasta. Dengan semakin banyaknya klinik gigi swasta peluang kerja juga semakin terbuka.

Selain itu, kesadaran masyarakat Indonesia juga sudah meningkat untuk melakukan perawatan gigi secara berkala.

5. Membuka Klinik Pribadi

Membuka klinik pribadi bisa jadi pilihan paling bagus untuk profesi Dokter Gigi. Tentunya akan diperlukan banyak persiapan untuk bisa membuka praktek pribadi. Beberapa yang penting disiapkan seperti surat izin praktek, surat izin sarana kesehatan, dan lain-lain.

Penutup

Peluang kerja dokter gigi sangat menjanjikan karena salah satunya adalah penghasilan lumayan besar. Selain juga semakin tingginya masyarakat akan pentingnya perawatan gigi akan lebih membuka peluang kerja bagi lulusan kedokteran gigi.

Categories:

1 thought on “Peluang Kerja Dokter Gigi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *