Prospek Kerja Jurusan Pertanian Yang Wajib Kamu Ketahui

Prospek Kerja Jurusan Pertanian

0 2 Comments

Prospek kerja jurusan pertanian dan agrobisnis sangat luas dan menjanjikan di masa depan. Sebelum membahas mengenai prospek kerjanya, ada baiknya jika mengenal tentang jurusan pertanian yang kini telah berubah nama menjadi agribisnis. 

Jurusan pertanian sendiri telah berkembang menjadi jurusan agrobisnis, agroteknologi dan agroindustri. Jurusan ini tidak hanya terbatas dengan pertanian, tapi juga kewirausahaan, pengantar ilmu ekonomi, teknologi, industry dan lain sebagainya. 

Baca Juga >>> Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Pertanian

Berikut prospek kerja apabila kamu berasal dari jurusan pertanian:

1. Penyuluh Pertanian

Prospek kerja jurusan pertanian yang pertama yaitu sebagai penyuluh pertanian. Profesi ini berperan penting, terutama bagi kesejahteraan petani itu sendiri. 

2. Pegawai Perusahaan Bidang Pertanian

Pegawai perusahaan bidang pertanian merupakan salah satu chance kerja bagi lulusan dari jurusan pertanian. Terdapat banyak perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang pertanian, baik dikelola swasta maupun negara.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Terdapat beberapa instansi pemerintahan yang bisa kamu pilih untuk masa depanmu, seperti Dinas Pertanian dan Kementrian Pertanian. 

4. Pengusaha

Opportunity kerja bagi lulusan pertanian yaitu menjadi entrepreneur atau pengusaha. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja mandiri tanpa terikat dengan instansi atau perusahaan. 

5. Pedagang Komoditi Baru

Profesi sebagai pedagang komoditi baru merupakan salah satu peluang kerja jurusan pertanian yang bisa kamu pilih. Misalnya dengan mengembangkan komoditi baru yang belum pernah ada. 

6. Kredit Analis

Prospek kerja selanjutnya yaitu sebagai kredit analis di bank konvensional. Lowongan kerja kredit analis tidak hanya terbuka untuk lulusan ekonomi saja, namun juga membuka peluang bagi lulusan pertanian karena petani juga sering kali mengajukan kredit untuk modal pertanian.

7. Konsultan Pertanian

Peluang kerja selanjutnya yaitu sebagai konsultan pertanian. Dalam profesi konsultan pertanian, terdapat banyak cabang yang bisa dipilih sesuai keinginan dan minat kalian.

8. Penulis Agribisnis

Chance kerja ini sangat cocok bagi kamu yang senang dan bisa menulis. Kamu bisa menulis buku yang berkaitan dengan pertanian dan tanaman. 

9. Pengajar

Selain sebagai penulis, kamu juga bisa menjadi seorang pengajar atau guru atau dosen di bidang pertanian. Misalnya kamu jurusan S1 pertanian, maka kamu bisa mencoba mengajar SMK.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa Prospek kerja jurusan pertanian untuk kamu yang ingin masuk atau sedang berjuang di jurusan tersebut. Semoga informasi tadi bisa kamu jadikan referensi dan bahan pertimbangan cita-citamu nanti, ya!

Categories:

2 thoughts on “Prospek Kerja Jurusan Pertanian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *