Tugas dan Tanggung Jawab Barista: Bukan Hanya Buat Kopi!

Tugas dan Tanggung Jawab Barista: Bukan Hanya Buat Kopi!

0 Comments

Sebagian besar dari kita pasti mengenal tugas barista hanya pada membuat kopi saja, padahal masih banyak tugas dan tanggung jawab barista yang lain. Tidak mudah untuk menjadi barista karena diperlukan skill khusus untuk melakukan pekerjaannya.

Tugas barista yang paling terlihat adalah meracik kopi dengan berbagai bahan untuk menciptakan cita rasa yang nikmat. Meski begitu, barista masih memiliki tanggung jawab lain yang harus dikerjakan dengan baik dan berikut ulasan lengkapnya. 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Barista Selain Membuat Kopi

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang barista selain membuat kopi untuk pelanggan:

1. Membersihkan Bar Kopi

Tugas pertama yang juga dilaksanakan oleh seorang barista di balik bar kopi adalah menjaga kebersihan mesin espresso dan lain sebagainya. Biasanya, bar kopi tidak memiliki cleaning service khusus karena kebersihan juga menjadi tugas barista. 

Barista biasanya langsung membersihkan coffee bar setelah meracik minuman untuk pengunjung. Itulah mengapa jarang sekali terlihat bar kopi yang kotor atau berantakan karena barista memiliki tugas sebagai cleaning service di area tersebut.

2. Membuat Minuman Selain Kopi

Barista tidak hanya mahir meracik minuman kopi, tapi juga bisa meracik semua minuman yang ada di menu kedai tersebut. Beberapa menu yang biasanya juga disediakan adalah aneka minuman coklat, minuman jus hingga signature drinks.

Meski ada menu minuman lain di kedai tersebut, biasanya barista akan lebih senang saat membuat kopi. Kemampuan seorang barista inilah yang membuat cita rasa kopi dari kedai terasa lebih nikmat. 

3. Membersihkan Area Kedai Kopi

Barista tidak hanya bertanggung jawab atas kebersihan bar kopi, tapi juga area kedai kopi secara menyeluruh. Kedai kopi biasanya berukuran lebih kecil dibanding restoran biasa jadi tidak masalah untuk bertanggung jawab atas kebersihan area ini.

Dari tugas ini, syarat menjadi seorang barista harus peduli terhadap kebersihan dan mampu menggunakan berbagai peralatan kebersihan.

4. Melayani Pengunjung dengan Ramah

Anda pasti sering menjumpai barista dengan selera humor yang baik sehingga membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri atau di rumah teman. Hal ini dikarenakan barista bertanggung jawab terhadap kenyamanan pelanggan. 

Setiap tugas dan tanggung jawab barista harus bisa dilakukan dengan baik agar semakin banyak orang yang mengunjungi kedai kopi tersebut. 

Categories:

1 thought on “Tugas dan Tanggung Jawab Barista: Bukan Hanya Buat Kopi!”

Comments are closed.