Tugas dan Tanggung Jawab Chef De Partie di Restoran

Tugas dan Tanggung Jawab Chef De Partie di Restoran

0 Comments

Tugas dan tanggung jawab Chef De Partie harus terlaksana dengan baik karena akan berpengaruh pada kredibilitas dan citra restoran atau tempat makan. Chef de partie juga sering disebut dengan istilah chef stasiun atau juru masak.

Chef de partie biasanya bekerja di dapur besar sehingga sering kali masih memiliki beberapa asisten atau koki lainnya. Meski begitu, banyak juga perusahaan atau restoran hanya memiliki satu chef de partie saja.

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Barista

Tugas dan Tanggung Jawab Chef de Partie

Sebagai chef, pekerjaan utama yang dimilikinya ialah membuat masakan yang enak, lezat dan berkualitas untuk pengunjung maupun karyawan perusahaan. Tugas chef sangat penting untuk menjaga citra restoran sehingga tugasnya harus terlaksana baik.

Salah satu bagian dari pekerjaan chef adalah chef de partie dengan tugas dan tanggung jawab berikut ini:

  • Melakukan briefing harian pada asisten atau koki lainnya.
  • Bertanggung jawab terhadap staff dapur.
  • Melakukan pengawasan dan meminimalkan bahan baku yang waste.
  • Bertanggung jawab terhadap semua aktivitas di dapur. 
  • Melakukan supervisi secara berkala terhadap aktivitas dapur.
  • Bertanggung jawab atas ketersediaan bahan baku, termasuk belanja ke pasar untuk keperluan dapur.
  • Melakukan kontrol terhadap konsistensi kualitas dan hasil makanan.
  • Mampu memberikan training dan koordinasi dengan staff dapur lainnya. 

Perbedaan Tugas Chef de Partie dengan Demi Chef

Dalam mempelajari tugas chef de partie, sebagian dari kita mungkin tidak bisa membedakannya dengan demi chef. Sebenarnya, kedua posisi ini memiliki perbedaan tugas yang sangat signifikan, khususnya di bagian cold kitchen.

Chef de partie bertanggung jawab pada semua hal tentang aktivitas dapur, seperti memberikan arahan, memastikan ketersediaan bahan baku, melakukan supervisi, manajemen di dapur, dan hal lain terkait kegiatan di dapur. 

Berbeda dengan demi chef yang memiliki tugas spesifik saat berada di dapur, khususnya yang terkait pada menu. Biasanya seorang demi chef hanya fokus pada satu menu makanan yang ia kuasai, misalnya makanan tradisional, sushi dan lainnya.

Seperti karyawan lainnya, chef de partie memiliki pekerjaan yang sama pentingnya untuk memberikan rasa puas bagi pengunjung. Oleh karena itu, Job Desks chef de partie harus terlaksana dengan baik.

Categories:

1 thought on “Tugas dan Tanggung Jawab Chef De Partie di Restoran”

Comments are closed.