Mengenal Job Desk Personal Assistant (PA) - KAMPUNG INGGRIS LA

Mengenal Job Desk Personal Assistant (PA)

0 Comments

Sepertinya hampir semua pekerjaan yang super sibuk memerlukan asisten. Dan mungkin Anda juga sering mendengar tentang asisten pribadi. Tapi apa, sih, job desk personal assistant itu?

Di artikel ini kita akan belajar banyak tentang peran seorang asisten pribadi dalam tugasnya. Mulai dari direktur hingga selebritis memiliki asisten pribadi, bukan? Lalu, apakah mereka punya tugas yang sama?

Baca Juga: Uraian Tugas Audit Internal

Apa itu Personal Assistant?

Seperti namanya, personal assistant mengurusi dan membantu berbagai urusan dari atasannya. Tidak hanya urusan kantor, bahkan kebutuhan pribadi pun seringkali diakomodasi oleh asisten pribadi. Bahkan apabila bekerja sebagai asisten pribadi seorang selebritis, Anda harus siap 24 jam.

Tugas Personal Assistant

Seorang asisten pribadi tentu punya job desk yang jelas. Tugas utamanya hampir sama untuk setiap orang yang bekerja sebagai personal assistant. Di antaranya adalah:

  • Menjadi kontak utama dari seseorang.
  • Mengatur dan mengelola jadwal harian, terutama terkait rapat dan pertemuan lainnya.
  • Mempersiapkan berbagai keperluan perjalanan, seperti akomodasi dan transportasi.
  • Mengingatkan tugas-tugas yang harus diselesaikan berikut tenggat waktunya.
  • Menyiapkan presentasi, laporan, dan dokumen penting lainnya.
  • Asisten pribadi bertanggung jawab akan sistem pengarsipan atasannya dan berhubungan dengan staf hingga klien.

Hal-hal yang disebutkan di atas hanya beberapa hal umum yang harus dilakukan oleh seorang asisten pribadi. Bahkan di beberapa kasus, pekerjaan ini juga termasuk mengelola laporan perusahaan. Oleh karena itu, pengalaman sangat diperlukan untuk menjadi personal assistant.

Skill yang harus dimiliki

Untuk menjadi seorang personal assistant, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, Anda juga memiliki kemampuan administratif karena akan banyak berhubungan dengan dokumentasi dan pengarsipan atasan. 

Bahkan sistem yang lebih kompleks bisa terjadi apabila Anda bekerja dengan selebritis. Selain itu, personal assistant harus memiliki kemampuan manajemen yang baik, bahkan mampu mengatur urusan pribadi dan urusan atasan secara bersamaan. 

Lebih dari apapun Job Desk personal assistant adalah membuat urusan atasan lebih efisien. Dan bukan tidak mungkin bahwa jam kerja akan lebih padat daripada pegawai lainnya.

Categories:

1 thought on “Mengenal Job Desk Personal Assistant (PA)”

Comments are closed.