Account Officer: Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab

Account Officer: Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab

0 Comments

Account Officer adalah jabatan yang umumnya banyak ditemukan di perusahaan yang bergerak di bidang finansial. Tidak heran jika mungkin Anda sering melihatnya di bank dan lembaga keuangan serupa lainnya. Tapi apa, sih, tugas dan tanggung jawab Account Officer?

Baca Juga: Mengenal Job Desk Personal Assistant

Di artikel ini, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang profesi yang satu ini lengkap dengan kemampuan yang harus dimiliki untuk bekerja sebagai Account Officer.

Apa itu Account Officer?

Seperti penjelasan di atas, Account Officer merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengurusi apa saja yang berkaitan dengan klien.

Karena bergerak di bidang keuangan, seorang AO harus bisa membuat nasabah menggunakan layanan perusahaan selama mungkin dan memastikan kenyamanan nasabah.

Tugas dan kewajiban yang diemban oleh jabatan ini sebenarnya cukup kompleks, sehingga tidak heran kalau gaji yang ditawarkan juga lumayan tinggi. Untuk entry level, seorang AO bisa menerima hingga 10 juta per bulan. Menarik, kan?

Apa saja tugas Account Officer?

Setidaknya ada enam tugas utama yang harus dipenuhi oleh seorang Account Officer. Selain bisa dilakukan di kantor, beberapa hal memang perlu dilakukan dengan mendatangi kediaman klien. Berikut adalah kewajiban seorang AO:

  • Mengenalkan produk ke konsumen yang bisa berupa produk kredit, deposito, KPR, pinjaman untuk usaha mikro, dan semacamnya. Apabila ada kesalahpahaman antara produk yang dijual dan klien, maka AO yang bertanggung jawab.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga kerjasama yang terjalin berkelanjutan.
  • Bekerjasama dengan pihak marketing di kantor untuk memasarkan produk dan membuat rencananya. Dengan begitu, langkah yang diambil lebih efektif dan tepat sasaran.
  • Membantu konsumen dalam menghadapi masalah dan kesulitan terkait dengan produk kredit yang dijual. Tentu saja solusi yang diberikan memberi keuntungan untuk perusahaan dan baik untuk konsumen.
  • Menganalisa konsumen apakah layak menerima kredit atau sebaliknya.
  • Membuat laporan mingguan dan bulanan, jika diperlukan.

Demikian beberapa tugas dan tanggung jawab Account Officer dalam melakukan pekerjaannya. Sangat penting seorang AO memiliki kemampuan komunikasi yang baik percaya diri yang tinggi.

Categories:

1 thought on “Account Officer: Pengertian,Tugas dan Tanggung Jawab”

Comments are closed.