Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant Lengkap

Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant Lengkap

0 Comments

Di industri hospitality pelayanan terbaik adalah kunci dari setiap pekerjaan yang dilakukan di masing-masing divisi. Begitu juga dengan kebersihan dan ketersediaan linen pada perhotelan memegang peranan penting dalam pelayanan. 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Admin Logistik

Di sinilah linen attendance diperlukan. Keberadaan linen attendant membantu kelancaran dalam operasional hotel. Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab linen attendant? Simak berikut ulasannya:

Bertanggung Jawab Segala Terkait Linen

Linen attendant yang memegang tanggung jawab penuh terkait linen. Dalam hal ini termasuk dalam penyediaan, perawatan, pemeliharaan, merapikan dan penyimpanan linen.

Pendistribusian Linen

Bagian linen attendant juga bertugas penuh dalam pendistribusian linen di berbagai areal hotel mulai dari kamar hotel, restaurant, kolam renang. Selain juga bertanggung jawab jika ada permintaan penggantian linen di kamar hotel.

Melakukan Sortir Linen

Layak pakai atau tidaknya linen akan menjadi tanggung jawab linen attendant. Bagian ini akan menyortir linen yang masih layak pakai dan tidak bisa lagi dipakai.

Melakukan Pengajuan Pengadaan Linen

Tugas dan tanggung jawab linen juga untuk melakukan pengajuan pengadaan linen baru sesuai kebutuhan.Aturan dan prosedur pengajuan linen ini tentunya berbeda-beda di tiap hotel.

Perawatan Linen

Linen attendant bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan linen, membawanya ke laundry dan melakukan pengecekan kualitas kebersihan dan aromanya sebelum layak digunakan untuk layanan hotel.

Kerja Sama dengan Divisi Lain

Bagian linen juga melakukan kerjasama dengan divisi lain sebagai bagian memberikan layanan terbaik. Beberapa divisi lain yang biasa bekerjasama dengan bagian linen seperti housekeeper atau room attendant hotel, waiter restaurant, receptionist dan divisi lain yang terkait.

Menyusun Laporan

Linen attendant juga memiliki tugas membuat laporan harian, hingga bulanan terkait supplies, jumlah linen, laundry, linen yang rusak atau penggantian dan sebagainya. Laporan ini akan jadi data untuk manajemen hotel.

Penutup

Tugas dan tanggung jawab linen attendant kedengarannya cukup simpel, namun pekerjaan ini membutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Menjaga kualitas linen tetap bersih, rapi dan higienis memerlukan kecermatan. Selain juga memerlukan pengaturan yang baik untuk ketersediaan linen.

Categories:

1 thought on “Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant Lengkap”

Comments are closed.