Tugas Dan Tanggung Jawab Quantity Surveyor Di Proyek

Tugas Dan Tanggung Jawab Quantity Surveyor Di Proyek

0 Comments

Istilah quantity surveyor sudah tidak asing di telinga bagi para lulusan teknik sipil. Tugas dan tanggung jawab quantity surveyor sangat penting dengan jabatan yang dibutuhkan dalam pekerjaan konstruksi.

Menjadi seorang quantity surveyor harus memiliki pengalaman yang cukup dengan kemampuan analisa yang baik supaya tidak terjadi perselisihan di lapangan atau tempat kerja. Selain itu quantity surveyor bertugas untuk membantu site engineer.

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Daftar Tugas Yang Wajib Dikerjakan quantity surveyor  

Seorang quantity surveyor memiliki jabatan yang penting, oleh karena itu tugas yang diberikan juga banyak terkait dengan konstruksi dan perkembangan di lapangan. Berikut ini tugas serta tanggung jawab quantity surveyor:

1. Peran Quantity Surveyor

Seorang Quantity Surveyor (QS) sesuai dengan namanya mempunyai tugas-tugas utama yaitu menghitung volume pekerjaan. Sehingga jika volume sudah diketahui dapat diperhitungkan perkiraan dana pembangunan. Peran QS dalam sebuah proyek yaitu :

  • Membuat rancangan anggaran biaya (RAB) pembangunan, QS mampu menganalisa perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan agar nilainya tidak lebih dari dana yang tersedia.
  • Menaksir penyediaan materi karena seorang QS bisa merangkap posisi menjadi seorang manajer berdasarkan pemahaman yang QS miliki.
  • Mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan legalitas kontrak pembangunan proyek.

2. Tugas Quality Surveyor

Kemampuan yang dimiliki QS yaitu dapat menghitung dan menaksir secara tepat dan akurat, jika perhitungan tidak akurat maka proyek tidak dapat terlaksana dengan baik. Untuk menjadi seorang QS berikut tugas-tugasnya :

  • Tentu tugas utamanya yaitu mengikuti ukuran dari sebuah bangunan yang akan dibuat dengan satuan meter persegi. Perhitungan mencakup perkiraan jumlah bata yang dibutuhkan hingga berapa keramik yang diperlukan.
  • Mengetahui bahan material menjadi modal yang baik bagi seorang QS karena setelah memperhitungkan bahan selanjutnya QS juga bertugas untuk membeli bahan pada penyedia bahan bangunan.
  • Selain luasnya, volume ruangan juga tak luput dari perhitungan QS yang mencakup prakiraan volume cor beton hingga jumlah tanah untuk meratakan bangunan.a
  • Memastikan menggunakan material sesuai dengan jumlah prakiraan dan juga dana yang disiapkan, jangan sampai terjadi kekurangan dana.
  • Mengecek kembali apabila ada gambar kerja yang berubah, karena gambar yang berubah mempengaruhi hitungan bahan atau materi yang digunakan.

Tugas dan tanggung jawab quantity surveyor berhubungan erat dengan analisa dan hitung-hitungan sehingga diperlukan orang yang memiliki ketelitian dan cermat. 

Categories:

1 thought on “Tugas Dan Tanggung Jawab Quantity Surveyor Di Proyek”

Comments are closed.