Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant Di Dunia Kerja

Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant Di Dunia Kerja

0 Comments

Room attendant merupakan seseorang yang bekerja di bawah pengawasan departemen housekeeping. Tugas dan tanggung jawab room attendant yang utama adalah menjaga kebersihan kamar hotel agar nyaman untuk ditempati pengunjung.

Baca Juga: Tugas Dan Tanggung Jawab Quality Engineer

4 Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant Secara Umum

Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab dari seorang room attendant yang perlu pengunjung ketahui sebelum memesan sebuah kamar hotel.

1. Guest Relations

Kinerja dari seorang room attendant akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung dalam memilih tempat menginap. Hal tersebut juga akan memberikan kesan baik atau buruk dari sebuah hotel yang dikelola.

Guest relations yang dimaksud disini adalah ramah dan pengertian. Dalam kata lain tugas dari seorang room attendant ialah harus memiliki sikap yang ramah, pengertian serta memberikan kesan baik kepada pengunjung.

Hal tersebut dilakukan supaya pengunjung lebih nyaman dalam menginap di sebuah hotel serta memberikan kesan positif atau baik kepada pengunjung.

2. Menjaga Keamanan Dan Kenyamanan Pengunjung

Sebelum menjalankan tugas serta tanggung jawab dari seorang room attendant, harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Hal tersebut diperlukan agar kinerja dari seorang room attendant lebih efektif serta efisien.

Tugas dari seorang room attendant yang selanjutnya adalah menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung terutama pada barang bawaan. Seorang room attendant juga harus selalu mengecek kondisi kamar yang dipesan pengunjung.

Selain itu juga memeriksa dan melaporkan kepada housekeeping supervisor atas keanehan dan ketidakwajaran pengunjung atas kamar yang dipesan.

3. Membersihkan Ruang Kamar

Seorang room attendant diharuskan untuk selalu menjaga kamar agar tetap bersih dan nyaman untuk digunakan. Selain membersihkan ruang kamar, juga menganti setiap peralatan kamar yang sudah rusak atau tidak layak pakai.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Selain membersihkan kamar yang dipesan, tugas dari seorang room attendant selanjutnya adalah membersihkan kamar mandi. Karena jika kamar mandi saja sudah kotor maka kenyamanan dalam ruang kamar hotel tidak akan sempurna.

Berbagai aktivitas tadi merupakan contoh tugas dan tanggung jawab room attendant yang bisa pengunjung ketahui. Dari tugas tersebut dapat diketahui bahwa room attendant merupakan profesi yang sangat berjasa dalam sistem operasional hotel.

Categories:

1 thought on “Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant Di Dunia Kerja”

Comments are closed.