Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Operasional Secara Umum

Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Operasional Secara Umum

0 Comments

Selain direktur utama dan direktur keuangan, sebuah perusahaan biasanya juga memiliki direktur operasional. Tugas dan tanggung jawab direktur operasional satu perusahaan dengan perusahaan lain biasanya cukup berbeda. 

Sebagai contoh, direktur operasional pada perusahaan minyak tentu saja memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan direktur operasional perusahaan transportasi. Meskipun secara umum, keduanya memiliki tanggung jawab pada tugas-tugas operasional.

Baca Juga: Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Keuangan

Lalu apa saja tugas direktur operasional secara umum? Bagi Anda yang penasaran, jangan lewatkan pada pembahasan berikut ini.

Apa Itu Tugas Operasional?

Sebelum memahami tugas direktur operasional, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu tugas operasional. Secara sederhana, tugas operasional adalah segala kegiatan yang dijalankan perusahaan. Mulai dari persiapan hingga pengelolaan kegiatan.

Peran direktur utama sangat penting dalam tugas-tugas operasional ini. Dengan adanya direktur utama, maka semua bentuk tugas operasional perusahaan diharapkan bisa berjalan baik dengan hasil yang baik. 

Tugas Direktur Operasional

Tugas direktur operasional sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tugas dan tanggung jawab direktur utama dan keuangan. Yaitu berpusat pada perencanaan, pengawasan, dan penyusunan strategi. Hanya saja, ruang lingkup kerjanya berada dalam ruang lingkup operasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh tugas dan tanggung Jawab direktur operasional:

  • Membantu direktur utama dalam menjalankan tugas
  • Bertanggung jawab dalam seluruh proses operasional
  • Bertanggung jawab atas pengembangan karyawan dan kualitas produk
  • Menyusun strategi agar target perusahaan bisa tercapai
  • Melakukan pengecekan dan pengawasan kebutuhan terkait operasional perusahaan
  • Membuat rencana, mengambil keputusan, dan berkoordinasi dengan bagian keuangan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan
  • Melakukan pengawasan dan memastikan setiap karyawan menjalankan tugas dengan baik
  • Membuat laporan kegiatan untuk diserahkan kepada direktur utama

Nah, itulah beberapa job deks direktur operasional yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menjadi direktur operasional, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkannya sejak sekarang.

Misalnya dengan meningkatkan penguasaan ilmu dasar administrasi, keuangan, pembukuan, dan urusan umum lainnya. Namun yang pasti, Anda harus memiliki jiwa pemimpin dan dapat mengambil keputusan tepat dengan cepat.

Categories:

1 thought on “Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Operasional Secara Umum”

Comments are closed.