Intip Tugas dan Gaji Pekerjaan Business Development

Intip Tugas dan Gaji Pekerjaan Business Development

0 Comments

Setiap perusahaan pasti membutuhkan pengembangan yang berkelanjutan. Di sinilah mengapa pekerjaan business development. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mencari cara mengembangkan bisnis melalui strategi-strategi bisnis sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Operasional

Mengenal Business Development

Business development artinya pengembangan bisnis. Pekerjaan ini mencakup riset pasar, mendeteksi dan membuat peluang bisnis yang potensial, dan memelihara serta mengembangkan hubungan dengan klien atau customer potensial.

Untuk dapat menjadi seorang business development andal, seseorang perlu memiliki kemampuan membuat strategi. Karena strategi tersebut akan menjadi acuan bagi perkembangan suatu bisnis.

Jika strategi yang dibuat tidak cukup matang dan kuat, akan sulit bagi perusahaan untuk bisa berkembang di tengah tantangan.

Tugas Business Development

Secara umum, tugas bisnis development adalah untuk melakukan riset pasar, mencari peluang, dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Selain itu, dia juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan membuat rencana pengembangan bisnis.

Untuk mendukung hal ini, seorang bisnis development perlu terus memperbaharui dan meningkatkan skill business development yang dimiliki. Khususnya dalam ruang lingkup perkembangan pasar dan kompetitor bisnis. Salah satunya dengan melakukan penelitian secara teratur.

Untuk bisa menjadi business development, seseorang perlu memiliki wawasan yang luas, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan mampu beradaptasi. Selain itu, seorang bisnis development juga perlu memiliki kemampuan analisis pola bisnis, keterampilan komunikasi dan interpersonal, dan realistis dalam menentukan ekspektasi.

Gaji Business Development

Besar gaji seorang business development sebenarnya cukup variatif. Besaran gaji ini tergantung pada pengalaman dan kemampuan yang dimiliki orang tersebut. Secara umum, gaji business development ada di kisaran Rp 6,5 juta per bulan. 

Tidak semua business development dibayar per bulan. Beberapa orang ada juga yang dibayar dengan tarif per jam. Atau sekitar Rp 40 ribu per jam. Besaran gaji ini bisa meningkat seiring dengan pengalaman dan jam terbang yang dimiliki. 

Jadi itu adalah rangkuman mengenai tugas serta gaji dari seorang business development. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan business development, ada baiknya Anda mulai meningkatkan kompetensi mulai dari sekarang. 

Categories: