Apa Saja Persyaratan Menjadi Dosen Menurut Dikti?

Apa Saja Persyaratan Menjadi Dosen Menurut Dikti?

0 Comments

Berminat menjadi dosen? Sudah tahu persyaratan menjadi dosen menurut Dikti yang harus dipenuhi? Seperti pekerjaan lainnya, pelamar dosen pun harus memiliki kualifikasi yang sesuai.

Di artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait apa saja yang harus Anda miliki apabila ingin menjadi dosen. Baik dosen tetap maupun tidak tetap harus memenuhi kualifikasi ini, selain syarat yang diajukan oleh kampus terkait.

Baca Juga: Tugas Advokat Secara Khusus

Syarat Wajib Menjadi Dosen

Sebenarnya ada serangkaian syarat yang harus Anda penuhi sebelum melamar dosen. Namun baik itu dosen tetap maupun kontrak, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda penuhi. Tiga hal tersebut adalah:

Memiliki ijazah yang linear dengan bidang yang dilamar sekurang-kurangnya S2. Bahkan ada beberapa jabatan dosen yang mewajibkan pelamarnya sudah bergelar Doktor dan memiliki pengalaman.

Mempelajari Tri Dharma perguruan tinggi, memahami, dan mengamalkannya. Untuk aspek ini, dosen diharapkan mengabdi kepada masyarakat dan melakukan penelitian.

Dan tentu saja, Anda harus lulus proses rekrutmen dosen dimanapun Anda melamar.

Rekrutmen Dosen

Apabila Anda berniat menjadi dosen PNS, tentu saja Anda harus ikut CPNS yang diadakan oleh Kemendikbud. Namun hal itu tentu bukan satu-satunya jalan yang bisa Anda ambil untuk menjadi dosen.

Berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun perguruan tinggi swasta sering membuka lowongan dosen. Dan tentu saja ada syarat-syarat rekrutmen yang harus Anda penuhi. Selalu cek website resmi perguruan tinggi terkait untuk update persyaratan.

Apabila syarat-syarat yang diajukan bisa Anda penuhi, kirimkan semua dokumen sesuai dengan anjuran rekrutmen. Biasanya pelamar harus memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai tertentu, tes potensi akademik, dan sehat jasmani rohani.

Akhir Kata

Melamar menjadi seorang dosen dan mengajar mahasiswa adalah pekerjaan yang mulia. Apabila dulu banyak orang yang pikir-pikir untuk melamar karena kualifikasi yang tinggi, saat ini banyak orang yang sudah memegang ijazah S2.

Oleh karena itu, apabila Anda berniat menjadi pengajar di salah satu kampus di Indonesia, pastikan sudah memenuhi persyaratan menjadi dosen menurut Dikti yang kami sebutkan di atas.

Categories:

1 thought on “Apa Saja Persyaratan Menjadi Dosen Menurut Dikti?”

Comments are closed.